Kamis, 30 April 2015

PEMASARAN DALAM PERUSAHAAN MARTABAK MINI IDOL



PEMASARAN DALAM PERUSAHAAN
MARTABAK MINI IDOLA


Makalah ini diajukan untuk memenuhi tugas akhir
pada mata kuliah Manajemen Pemasaran


 

Oleh:
Iin Wulandari Muslimat
2013054352




JURUSAN MANAJEMEN
FAKULTAS EKONOMI
UNIVERSITAS PAMULANG
TANGGERANG
2015


DAFTAR ISI

BAB I        PENDAHULUAN
1.1    Latar Belakang
1.2    Rumusan Masalah
BAB II       ISI
2.1    Riwayat Perusahaan
2.2    4P (Price, Place, Produk, Promotion)
2.3    Analisis SWOT (IFAS dan EFAS) 
2.4    Siklus Hidup Produk
2.5    5 Kekuatan Kompetitif
BAB III     PENUTUP
3.1    Kesimpulan
3.2    Saran




BAB I
PENDAHULUAN

1.1     Latar Belakang
Dalam suatu pemasaran banyak sekali bentuk dan macam-macam aneka ragam makanan dari yang kecil hingga yang besar dan dari yang murah hingga sampai yang mahal. Dalam kebutuhan sehari-hari banyak sekali aktivitas yang dijalani oleh setiap orang. Dengan aktivitas yang semakin padat, membuat banyak orang membutuhkan asupan makanan tambahan yang bermanfaat untuk kesehatan tubuh. Makanan-makanan yang tersedia dipasaran saat ini memang sudah beragam, tetapi umumnya makanan tersebut bukanlah makanan khas Indonesia, serta harga yang ditawarkan juga kebanyakan terlalu mahal.
            Dalam dunia kewirausahaan dan pemasaran, tentu erat dengan adanya persaingan. Persaingan dalam dunia usaha sangat ketat, para wirausahawan berlomba-lomba menciptakan berbagai produk dengan aneka bentuk dan beragam makanan dari yang kecil hingga yang besar, dari yang murah hingga yang mhal. Untuk kebutuhan sehari-hari banyak sekali aktivitas yang dijalani setiap orang. Dengan aktivitas yang semakin padat, membuat banyak orang membutuhkan asupan makanan tambahan yang bermanfaat untuk kesehatan tubuh.

1.2     Rumusan Masalah
a.         Apa riwayat perusahan Martabak Mini Idola?
b.        Apa saja Bauran Pemasaran (4P) dari perusahaan Martabak Mini Idola?
c.         Sebutkan Analisis SWOT dari perusahaan Martabak Mini Idola?
d.        Sebutkan perkembangan perusahaan Martabak Mini idola dalam siklus hidup perusahaan?
e.         Apa saja 5 kekuatan kompetitif perusahaan Martabak Mini Idola?




BAB II
ISI

2.1     Riwayat Perusahaan
Salah satu makanan tradisional yang cukup sederhana, tetapi sangat cocok menjadi makanan konsumsi untuk malam hari dan saat cuaca dingin, dan sekaligus merupakan makanan yang juga cukup istimewa adalah "Martabak Mini Idola". Martabak ini mengkhususkan produknya pada martabak manis dan asin dengan ukuran kecil (diameter 12 cm), karena itu dapat disebut  Martabak Mini.
Martabak Mini Idola berdiri pada tanggal 25 Januari 2013 di daerah Kota Bogor. Pada akhir tahun 2013, Perusahaan Martabak Mini Idola membuka cabang di dua tempat strategis di Kota Bogor.
Martabak Mini Idola telah memperoleh Sertifikat KEAMANAN PANGAN dari Dinas Kesehatan dan Sertifikat HALAL dari Lembaga Pengkajian Pangan Obat-Obatan dan Kosmetika (LP-POM) Majelis Ulama Indonesia (MUI). Selain itu Martabak Mini Idola telah memenuhi persyaratan sertifikasi produksi pangan industri rumah tangga, berdasarkan surat keputusan kepala Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM) Republik Indonesia. Martabak Mini Idola juga sudah resmi terdaftar sebagai perusahaan dengan kegiatan usaha pokok dibidang pembuatan dan perdagangan makanan dan sudah mengantongi Surat Izin Usaha Perdagangan.
Adapun Visi dan Misi Perusahaan Martabak Mini Idola adalah sebagai berikut:
a.    Visi Perusahaan
“Mewujudkan Martabak Mini Idola sebagai kuliner martabak cita rasa Indonesia yang digemari secara nasional, menjadi idola unutk semua kalangan masyarakat dan sebagai makanan tradisional khas Indonesia, berkualitas, sehat, bergizi, agar mampu menembus pasar dunia
b.  Misi Perusahaan
-       Memperoleh profit dari bisnis penjualan Martabak Mini Idola
-       Mengutamakan kualitas dan kepuasan konsumen dalam hal apapun yang dilakukan (pelayanan) dan disajikan (makanan)
-       Melakukan pelayanan prima
-       Menjaga kualitas produk dengan menggunakan bahan baku yang berkualitas
-       Mengembangkan inovasi-inovasi baik dalam produk maupun pelayanan
-       Membuat martabak mini yang memiliki aneka rasa
-       Mengembangkan usaha di beberapa tempat yang strategis untuk menjadi restoran terbaik di Indonesia
-       Menumbuhkan keterampilan dan pengetahuan karyawan guna mencapai performa operasional yang maksimal
-       Membangun hubungan baik karyawan dengan konsumen
-       Menjadi salah satu tempat berkumpulnya anak muda khususnya di kota Bogor.

2.2     Bauran Pemasaran (4P)
a.    Product (Produk)
Produk yang dijual adalah “Martabak Mini”. Makanan ini merupakan makanan ringan yang sesuai dengan keadaan masyarakat dan makanan selingan dalam kehidupan sehari-hari. Martabak Mini Idola mengkhususkan produknya pada martabak manis dan asin dengan ukuran kecil (diameter 12 cm) dan membuat martabak jumbo sesuai dengan permintaan pelanggan. Selain martabak mini, ada juga minuman-minuman hangat dan dingin, seperti jus, kopi dan lainnya.
Martabak Mini Idola memiliki 3 variant adonan, yaitu: Original, Blacksweet dan Pandan. Dengan berbagai pilihan rasa, seperti: Durian, Mangga, Kiwi,  Orange, Nangka, Pisang, Strawberry, Blueberry, Rapsberry, Keju, Coklat, Kacang,  Srikaya, Jagung Manis, Kismis.

b. Price (Harga)
Harga per-porsi martabak manis yaitu sebesar Rp 4.000 dan harga ini sungguh terjangkau. Harga yang ditawarkan cukup terjangkau untuk martabak manis mini hingga jumbo dipatok dengan harga Rp 4.000 hingga Rp 25.000 tergantung jenis dan ukuran. Sedangkan untuk martabak asin dipatok dengan harga Rp 5000 hingga Rp 30.000 tergantung jenis dan ukuran. Lalu untuk minuman hangat dan dingin dipatok dengan harga Rp 5.000 hingga Rp 15.000.
c.  Place (Tempat)
Lokasi pusat Martabak Mini Idola berada di Ruko Pemasaran perempatan jalan Kota Bogor. Mempunyai dua cabang yang terletak di pusat perbelanjaan Kota Bogor dan area kampus Kota Bogor. Tempat-tempat yang dipilih karena letaknya yang cukup strategis dan dapat dijangkau oleh para konsumen. Martabak Mini Idola buka dari Senin sampai Jumat mulai pukul 10.00 WIB dan tutup pukul 21.00 WIB serta untuk weekend (sabtu dan minggu) buka mulai pukul 10.00 WIB dan tutup pukul 22.00 WIB.
d.  Promotion (Promosi)
Promosi selama ini dilakukan melalui face to face karena perusahaan Martabak Mini sendiri terkenal karena rasanya dan bentuknya yang berbeda, selain itu promosi juga dapat dilakukan dengan cara menyebarkan brosur kepada masyarakat dan banner (papan nama) yang memudahkan calon konsumen dalam memesan produk dan mengenal produk yang ditawarkan. Promosi lainnya dilakukan melalui internet. Dalam masa promosinya untuk tiap pembelian 1 paket yang berisi 5 porsi akan ada  diskon sebesar 10% dari harga tersebut.

2.3     Analisis SWOT
Analisis SWOT di Perusahaan Martabak Mini Idola terbagi dalam IFAS (Internal Factory Analysis Summary) dan EFAS (External Factory Analysis Summary).
a.  IFAS Perusahaan Martabak Mini Idola adalah sebagai berikut:
1. Strenght (Kekuatan)
-       Harga jual produk terjangkau oleh semua kalangan masyarakat
-       Tenaga kerja memiliki keterampilan khusus karena karyawan yang direkrut melalui test ketrampilan dan dibekali keterampilan khusus selama tiga bulan
-       Mempunyai banyak pilihan rasa karena perusahaan terus melakukan inovasi rasa
-       Satu produk terdiri atas beragam macam bentuk dan rasa
-       Penampilan menarik dan kecil, sehingga pembeli tak perlu memotong lagi
-       Bentuknya kecil dan sesuai kebutuhan
-       Penyajian sederhana tanpa memerlukan banyak waktu dan cepat saji
-       Kualitas dan cita rasa yang berbeda
-       Bahan produk yang higienis dan sangat terjamin
-       Pelayanan baik dan ramah
2. Weakness (Kelemahan)
-       Produk makanan yang mudah untuk ditiru jenis dan bentuk
-       Bersifat tidak tahan lama
-       Kurangnya promosi dalam periklanan
-       Lahan parkir sempit untuk sebagian besar cabang memiliki lahan parkir terbatas
-       Jika cuaca sedang buruk, permintaan konsumen akan menurun
b. EFAS Perusahaan Martabak Mini Idola adalah sebagai berikut:
1.  Opportunities (Peluang)
-       Daya beli masyarakat meningkat
-       Jajanan ringan semakin diminati oleh semua kalangan masyarakat
-       Bisa menjadi alternatif sebagai makanan pengganti cemilan
-       Lokasi yang strategis, dekat pusat keramaian seperti daerah kampus, perempatan jalan, dan di pusat perbelanjaan.
-       Adanya peningkatan jumlah pelajar/mahasiswa setiap tahun yang masuk ke wilayah Kota Bogor
-       Hubungan dengan pemasok berjalan baik
-       Fasilitas yang cukup memadai dan mampu diperoleh secara cepat
2.  Threat (Ancaman)
-        Munculnya pesaing baru
-        Kenaikan harga bahan pelengkap yang dipengaruhi kondisi ekonomi
-        Adanya isu-isu tentang jajanan yang tidak sehat
-        Kenaikan UMR (Upah Minimum Regional) karyawan
-        Adanya kompetitor yang menjual produk makanan martabak manis dengan harga yang cukup rendah.


2.4     Siklus Hidup Produk
a. Pengenalan
Martabak Mini Idola pertama kali membuka gerai kecil di ruko perempatan Yasmin Kota Bogor pada tanggal 25 Januari 2013. Perusahaan itu mula-mula memperkenalkan produknya dengan menyebarkan brosur, yang hampir seluruh menunya diberikan diskon dengan harga yang terjangkau. Selain brosur, promosi yang dijalankan oleh perusahaan ini yaitu melalui face to face sampai mulut ke mulut.
b.    Pertumbuhan
Setelah beberapa bulan berlalu, Perusahaan Martabak Mini ini mulai mendapati konsumen tetap dan mulai ramai dikunjungi konsumen. Masyarakat mulai mengetahui cita rasa Martabak Mini Idola yang khas itu. Pada tahap siklus ini, Perusahaan ini mulai mencetuskan ide untuk membuka cabang baru di tempat yang strategis lainnya.
c.    Kematangan/Kedewasaan
Dalam tahap siklus ini, Martabak Mini Idola telah mempunyai dua cabang baru di pusat perbelanjaan Kota Bogor dan di area kampus Kota Bogor. Martabak Mini telah banyak diminati untuk seluruh kalangan masyarakat karena bentuk dan rasanya yang khas. Martabak Mini Idola selalu kebanjiran pesanan. Tak heran bila konsumen rela menunggu antrian demi mendapatkan martabak mini yang super lezat itu. Karena Martabak Mini Idola telah mempunyai banyak pelanggan tetap, maka dibuatlah member card. Bagi pelanggan yang mempunyai member card dan sering membeli produk dari Perusahaan itu, mereka bisa mengumpulkan poin lalu bisa ditukarkan dengan salah satu menu pada Perusahaan Martabak Mini Idola dengan gratis.
d.   Penurunan
Setelah hampir satu tahun lebih Perusahaan Martabak Mini Idola berada dalam siklus kematangan/kedewasaan, satu persatu pelanggan mulai tidak sering mengunjungi gerai-gerai Martabak Mini Idola. Mereka telah bosan atau mereka sudah mempunyai pilihan lain untuk dikonsumsi. Maka dari itu, Perusahaan Martabak Mini Idola berinovasi menu menjadi lebih berkesan dihati para pelanggannya dan agar konsumen tidak jenuh dengan rasa yang sama, dibuatlah beberapa menu terbaru seperti martabak mini pedas, ayam cincang, daging, rica-rica, sosis, telur sosis, sayuran, dan lain-lain. Strategi yang dikembangkan lebih ke arah differensiasi produk dengan menonjolkan ukuran dan rasa yang berbeda. 
Untuk kepuasan pelanggan, Perusahaan ini memberikan jasa pesan antar gratis bagi konsumen serta pelanggannya. Perusahaan ini juga mengembangkan promosi lewat internet agar menarik minat konsumen dan pelangannya.

2.5     Lima Kekuatan Kompetitif


Text Box: Ancaman Pendatang Baru
 
                                                                                                    

















Text Box: Pesaing Industri yg telah ada

Text Box: Kekuatan
Tawar Pembeli

Text Box: Kekuatan 
Tawar Pembeli














Text Box: Ancaman
Produk Pengganti
 





Lima Kekuatan Kompetitif dalam Perusahaan Martabak Mini Idola yaitu sebagai berikut:
a.    Pesaing Industri yang Telah Ada
Martabak Mini Idola mempunyai banyak pesaing diantaranya martabak bangka yang jelas enak cita rasanya, martabak-martabak manis dan telur yang berada di pinggiran jalan, serta jajanan-jajanan pasar yang hangat lainnya yang banyak dijumpai pada tempat-tempat ramai di Kota dan Kabupaten Bogor.
b.    Ancaman Pendatang Baru
Pada awal tahun 2015, munculah perusahaan-perusahaan baru yaitu martabak kres-kres dan martabak spagethi dengan bentuk yang tak kalah unik. Perusahaan-perusahaan itu merupakan ancaman pendatang baru bagi Perusahaan Martabak Mini Idola.
c.    Ancaman Produk Pengganti/Substitusi
Untuk Martabak Mini Idola ini memiliki banyak varian rasa yang khas dan bentuknya yang unik. Dengan rasa yang lezat itulah perusahaan ini memiliki bahan adonan dan memiliki cara produksi tersendiri. Mereka merahasiakan resep dan cara produksi yang sedemikian rupa agar mengecilkan kemungkinan adanya ancaman produk pengganti.

d.   Kekuatan Tawar Pemasok
Bahan-bahan dalam Perusahaan Martabak Mini Idola ini semakin hari semakin lebih sering dipasok oleh pemasok karena produk yang sangat diminati pelanggan. Yang dengan demikian memberikan keuntungan yang besar bagi perusahaan dan juga bagi pemasok.
e.    Kekuatan Tawar Pembeli
Cara promosi yang diberikan oleh Perusahaan ini adalah jasa pesan antar gratis, bisa memesan secara lewat telpon atau internet secara penuh bentuk dan ukuran sesuai selera yang diinginkan konsumen, dan memberikan produk gratis bila telah mengumpulkan poin bagi pengguna member card. Cara promosi itulah yang menjadikan konsumen dan pelanggan yang setia mengkonsumsi Martabak Mini Idola serta menjadi kekuatan tawar pembeli di Perusahaan ini.

 

BAB III
PENUTUP

3.1     Kesimpulan
Keberadaan Martabak Mini Idola sebagai salah satu makanan dengan rasa yang enak, nikmat, dan juga lezat memang telah dikenal banyak konsumen dan telah memiliki pelanggan tetap, sehingga usaha ini memang layak dikembangkan menjadi salah satu usaha kuliner alternatif di Indonesia dengan harga yang terjangkau, tempat yang strategis dan berbagai promosi yang menarik yang diberikan oleh Perusahaan ini.
Martabak Mini Idola memiliki berbagai macam rasa dan bentuknya serta inovasi  pengembangan produk menu terbarunya. Dengan ukuran yang kecil, memungkinkan konsumen bisa menikmati martabak dari berbagai variant rasa dengan harga yang lebih murah. Hal yang tidak bisa dilakukan dalam martabak ukuran standar sehingga juga cocok untuk pelajar dan mahasiswa. Kenyataan di lapangan, seringkali martabak yang dibeli oleh konsumen terutama konsumen dengan jumlah anggota keluarga yang kecil, tidak habis termakan. Dengan ukuran yang kecil konsumen bisa membeli martabak secukupnya.
Perusahaan ini telah melewati siklus hidup produk dari mulai pengenalan dengan memperkenalkan produknya dengan menyebarkan brosur, yang hampir seluruh menunya diberikan diskon dengan harga yang terjangkau. Berlanjut ke masa pertumbuhan yang mulai mendapati konsumen tetap dan mulai ramai dikunjungi konsumen. Lalu ke masa kematangan yang telah mempunyai dua cabang baru di pusat perbelanjaan Kota Bogor dan di area kampus Kota Bogor. Dan ke masa penurunan dengan berinovasi produknya.
Dalam lima kekuatan kompetitifnya, Martabak Mini Idola mempunyai banyak pesaing diantaranya martabak bangka yang jelas enak cita rasanya, martabak-martabak manis dan telur yang berada di pinggiran jalan. Lalu munculah perusahaan-perusahaan baru yaitu martabak kres-kres dan martabak spagethi dengan bentuk yang tak kalah unik. Perusahaan ini memiliki bahan adonan dan memiliki cara produksi tersendiri. Mereka merahasiakan resep dan cara produksi yang sedemikian rupa agar mengecilkan kemungkinan adanya ancaman produk pengganti. Martabak Mini Idola ini semakin hari semakin lebih sering dipasok oleh pemasok karena produk yang sangat diminati pelanggan. Dan dengan cara promosi yang dibuat oleh Perusahaan itulah yang menjadikan konsumen dan pelanggan yang setia mengkonsumsi Martabak Mini Idola serta menjadi kekuatan tawar pembeli di Perusahaan ini.
Dengan ini dapat disimpulkan bahwa suatu usaha dapat berjalan dengan baik apabila manajemen dan perencanaannya disajikan dengan baik dan matang.

3.2     Saran
Harapan saya untuk produk "Martabak Mini" adalah agar produk ini bisa lebih berkembang dan maju, mempertahankan harga dan kualitas guna mempertahankan loyalitas pelanggan, terus melakukan inovasi dan pengembangan produk, cita rasa, dan pelayanan untuk menghambat laju posisi pesaing dalam pasar dengan memanfaatkan peluang yang ada. Disamping itu, saya mengharapkan supaya produk makanan ini tidak berkurang, karena produk ini sangat bagus dan berkualitas.




Tidak ada komentar: