Kamis, 17 Maret 2016

CONTOH KOMPONEN SKRIPSI UNPAM



Nama : Iin Wulandari Muslimat
NIM    : 2013054352
Tugas : Metodologi Penelitian (Individu)


Komponen Skripsi UNPAM
-    Sampul / Cover
Pada sampul ditulis judul skripsi (Pengaruh Periklanan terhadap Minat Beli Konsumen di PT. Muas Motor Kota Depok), tujuan (untuk lengkapi tugas-tugas dan memenuhi syarat untuk mencapai Gelar Sarjana Ekonomi), nama dan NIM mahasiswa, logo UNPAM, nama universitas (UNPAM), Fakultas (Ekonomi), Jurusan (Manajemen), Kota (Tanggerang), tahun (2015)
-    Halaman Judul
Halaman judul berisikan tulisan dan susunan yang sama dengan halaman sampul.
-    Lembar Pengesahan
Berisikan tanda tangan Pembimbing, Penguji 1, Penguji 2. Disahkan oleh Dekan Fakultas Ekonomi, Wakil Rektor
-    Lembar Persetujuan
Berisikan tanda tangan Pembimbing, dan Ketua Prodi Manajemen
-    Surat Penyataan
Memuat pernyataan orisinalitas skripsi penulis. Ditandatangani oleh penulis diatas materai Rp 6.000
-    Daftar Riwayat Hidup (CV)
Berisikan daftar riwayat hidup penulis, riwayat pendidikan, riwayat pekerjaan, dan ditandatangani oleh penulis.

Lembar Kuning berlogo UNPAM

-    Abstrak
Gambaran secara ringkas dan padat yang mencakup: Nama penulis, NIM, Judul Skripsi, tujuan dari penelitian, populasi, metode pengambilan sampel, teknik analisis data, variabel X (Periklanan) dan Y (Minat Beli)

Lembar Kuning berlogo UNPAM

-    Kata Pengantar
Memuat ucapan rasa syukur, uraian singkat proses penelitian, pengantaran kepada pembaca untuk memahami isi, manfaat bagi berbagai pihak, ucapan terimakasih kepada Ketua Yayasan, Rektor, Wakil Rektor, Dekan, Kaprodi, Dosen Pembimbing, Rekan-rekan mahasiswa/I, seluruh karyawan dalam penelitian ini, seluruh dosen UNPAM, kedua Orang Tua.

Lembar Kuning berlogo UNPAM


-    Daftar Isi
Halaman daftar isi memuat seluruh judul komponen skripsi mulia dari bagian awal, bagian utama dan bagian akhir skripsi yang diikuti dengan petunjuk halaman.
-    Daftar Gambar
Halaman daftar gambar memuat urutan judul gambar yang diikuti dengan petunjuk halaman.
-    Daftar Tabel
Halaman daftar tabel memuat urutan judul gambar yang diikuti dengan petunjuk halaman.
-    Daftar Lampiran
Halaman daftar lampiran memuat urutan judul gambar yang diikuti dengan petunjuk halaman.

Lembar Kuning berlogo UNPAM

BAB I  (Pendahuluan)
Pada bab ini memaparkan pendahuluan yang terdiri dari latar belakang masalah, identifikasi masalah, pembatasan masalah, perumusan masalah, tujuan dan manfaat penelitian, kerangka pemikiran, hipotesis dan sistematika penulisan.

A.    Latar Belakang
Tentang ketertarikan penulis terhadap uraian yang akan diikuti.

B.     Identifikasi Masalah
Masalah-masalah yang dihadapi dalam penelitian pembuatan skripsi:
-          Menurunnya jumlah konsumen
-          Keluhan dari konsumen
-          Periklanan belum berjalan dengan baik
-          Kendala dalam pelaksanaan 

C.    Pembatasan Masalah
Membatasi tentang yang dimaksud dengan periklanan, minat beli dalam skripsi tersebut. Penelitian tersebut dilaksanakan di PT. Muas selama 2 bulan.

D.    Perumusan Masalah
Merupakan suatu bentuk penjabaran terhadap masalah yang telah diungkapkan secara konkrit. Penjabaran yang dilakukan harus terarah, sederhana, spesifik dan diformulasikan dalam kalimat tanya.
-          Bagaimana pelaksanaan periklanan di PT. Muas?
-          Bagaimana minat beli konsumen di PT. Muas?
-          Seberapa besar pengaruh periklanan terhadap minat beli konsumen di PT. Muas?

E.     Tujuan dan Manfaat Penelitian
Merupakan bentuk pernyataan tentang apa yang akan dituju dengan kegiatan penelitian yang dilakukan.
Manfaat teoritis (bagi penulis dan bagi akademis). Manfaat praktis

F.     Kerangka Berpikir
Tujuan periklanan untuk konsumen
Variabel X                                     Variabel Y
Indikator
Indikator
-       Menginformasikan
-         Periklanan
-       Membujuk
-         Ketertarikan
-       Mengingatkan
-         Keinginan
-       Meyakinkan
-         Tindakan

G.    Hipotesis

H.    Sistematika Penulisan
Berisi tentang pemadatan isi dari masing-masing bab yang ditulis dalam skripsi.

Lembar Kuning berlogo UNPAM

BAB II (Tinjauan Pustaka)
Dalam BAB II ini menguraikan tentang landasan teori yang membahas menejemen pemasaran yang terdiri dari pengertian manajemen, pengertian pemasaran dan pengertian manajemen pemasaran, periklann dan minat beli.

A.    Manajemen
1.      Pengertian Manajemen
Pengertian Manajemen yang bersumber dari Buku, lalu disimpulkan oleh penulis
2.      Unsur-unsur Manajemen (6M)
Man (manusia), Money (Uang), Material (Bahan Baku), Machine (Mesin), Methodes (Metode), Market (Pasar)
3.      Fungsi Manajemen
Planning (fungsi perencanaan), Organizing (fungsi pengorganisasian), Directing (pengarahan), dan Controlling (pengendalian)

B.     Manajemen Pemasaran
1.      Arti Pemasaran
Arti Pemasaran yang bersumber dari Buku, lalu disimpulkan oleh penulis
2.      Pengertian Manajemen Pemasaran
Pengertian Manajemen Pemasaran yang bersumber dari Buku, lalu disimpulkan oleh penulis
3.      Fungsi Pemasaran

C.    Periklanan
1.      Definisi Periklanan
2.      Indikator Periklanan
3.      Jenis-jenis Periklanan
4.      Alat-alat Periklanan
5.      Ciri-ciri khas Periklanan

D.    Minat Beli
1.      Pengertian Minat Beli
Lembar Kuning berlogo UNPAM

BAB III (Metodologi Penelitian)
Bab iii ini membahas metode penelitian yang terdiri dari ruang lingkup penelitian, sampel penelitian, metode pengumpulan data, metode analisa data dan operasional variabel.

A.    Ruang Lingkup Penelitian
1.      Tempat penelitian
2.      Waktu Penelitian
3.      Jenis Penelitian

B.     Populasi dan Sampel
Bagian ini menjelaskan secara definitif karakteristik yang menjadi satuan penelitian, populasi dan karakteristiknya, besar sampel yang diambil serta teknik dan cara pengambilan sampelnya. 

C.    Sumber data dan Teknik Pengumpul Data
Mengemukakan sumber data yang dipergunakan di dalam kegiatan penelitian. Dalam hal ini kemukakan pula pada “peristiwa” (event) apa data tersebut dikumpulkan. Dan mengemukakan metode yang dipergunakan dalam pengumpulan data, berikut instrumen yang digunakan.

D.    Metode Analisis Data
1.      Uji Validitas
2.      Uji Reabilitas
3.      Koefisien Korelasi
4.      Koefisien Determinasi
5.      Uji signifikan

E.     Definisi Operasional Variabel

Lembar Kuning berlogo UNPAM

BAB IV (Gambaran Umum Perusahaan)
Bab iv berisi pembahasan dan hasil penelitian yang terdiri dari gambaran umum objek penelitian, hasil penelitian dan pembahasan.

A.    Gambaran Umum Perusahaan
1.      Sejarah berdirinya perusahaan
2.      Lokasi perusahaan
3.      Struktur organisasi perusahaan

B.     Karakteristik Responden

C.    Hasil Analisis Deskriptif
1.      Periklanan pada PT. Muas
2.      Minat beli pada PT. Muas

D.    Hasil dan Pembahasan
1.      Uji Validitas
2.      Uji Reabilitas
3.      Uji Autokorelasi
4.      Uji Hipotesis

Lembar Kuning berlogo UNPAM

BAB V (Kesimpulan dan Saran)
Dalam bab ini merupakan penutup dari penulisan tugas akhir, yang mana penulis mencoba mengambil beberapa kesimpulan dan memberikan saran-saran yang diharapkan dapat menjadi masukan .

A.    Kesimpulan
Kesimpulan secara garis besarnya merupakan temuan pokok, baik bersifat subtansial maupun metode teknis serta dikemukakan pula implementasi dari hasil pembahasan, dan kesimpulan sebagai jawaban permasalahan penelitian harus bersesuaian dengan tujuan penelitian.
B.     Saran
Saran merupakan implementasi dari penemuan-penemuan ataupun rekomendasi tentang studi lanjutan dan kebijakan-kebijakan yang akan datang.

Lembar Kuning berlogo UNPAM

-          Daftar Pustaka
Memuat semua bahan rujukan yang dipergunakan dalam penulisan skripsi.

Lembar Kuning berlogo UNPAM

-          Kuesioner
-          Lampiran (korelasi, reliability)
Memuat bahan-bahan rujukan yang dipergunakan maupun bahan pembantu analisis yang tidak termuat di dalam bagian isi skripsi

Tidak ada komentar: